Polling Bulan Ini

Bagaimana pelaksanaan proses akademik di semester genap ini?

Kurang
Cukup Bagus
Sangat Bagus
Tidak Tahu

Lihat Hasil Polling
Download Terbaru
Hubungi Admin
  • Untuk info lebih lanjut, silahkan hubungi admin via YM.

  • Hamka Sabri Caretaker Bupati Tersingkat di Indonesia
    Artikel berita - Kategori Kemahasiswaan | Diposting pada : 2016-04-27 -|- 12:02:am
    Share this article on

    Menurut undang-undang, masa jabatan Bupati adalah lima tahun. Sedangkan caretaker atau Penjabat Sementara Bupati berkisar 6 bulan sampai 2 tahun. Tapi yang terjadi di Kabupaten Bengkulu Utara cukup unik. Seorang penjabat Bupati hanya menjabat 12 hari. Bila dipotong empat hari libur, maka masa jabatanya hanya 6 hari. Dia adalah Hamka Sabri.


    IRPANADI


    Kota Bengkulu


    Hamka Sabri dilantik Jumat 5 Februari dan berakhir 17 Februari saat Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Utara definitif, Mian dan Arie dilantik. Dalam rentang waktu tersebut, ada empat hari libur. Sehingga efektif, hanya enam hari Hamka Sabri ngantor sebagai Penjabat Bupati.


    Sekitar pukul 14.00 WIB kemarin (18/2) Drs. Hamka Sabri, M.Si melakukan serahterimah jabatan kepada Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Utara Ir. Mian dan Arie Septia Adinata. Pasangan pemenang Pilkada serentak 9 Desember 2015 itu sudah dilantik Gubernur Bengkulu Rabu (17/2). Secara otomatis, mulai kemarin Hamka kembali ke jabatan awal sebagai Kepala Biro Pemerintahan Pemprov.


    ‘’Jadi ini benar-benar sejarah bagi saya bahkan di Indonesia caretaker yang jabatanya hanya 12 hari termasuk hari libur. Sebab sebelumnya ada caretaker salah satu Bupati di Sumsel yang masa jabatannya 17 hari. Namun cukup banyak yang bisa saya lakukan. Terutama dalam hal meningkatkan roda pemerintahan terutama di bidang pelayanan ke masyarakat,” cerita Hamka Sabri.


    Diceritakan Hamka, dirinya dilantik pada 5 Februari 2016 atas dasar usulan Penjabat Gubernur H. Suhajar Diantoro, M.Si yang langsung disetujui Menteri Dalam Negeri. Ia dipercaya untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati dan Wakil Bupati pasangan Imron Rosyadi-Mian yang berakhir pada 4 Februari 2016.


    Di hari pertamanya bekerja sebagai Penjabat Bupati tepatnya Senin (8/2) langsung memimpin apel gabungan. Namun sebelumnya usai dilantik sudah dilakukan pisah sambut secara adat oleh masyarakat Kabupaten Bengkulu Utara. Ribuan masyarakat menyambut kedatangannya.


    Kemudian pasca memimpin apel gabungan, mengingat waktu pendek, langsung menggelar rapat bersama SKPD baik Badan, Kantor dan FKPD yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara. Setelah itu dirinya langsung melakukan peninjauan pelayanan di Dinas Dukcapil. Lalu di hari berikutnya berdialog dengan Universitas Ratu Samban (Unras). Serta melakukan pemantauan pelayanan kesehatan di rumah sakit umum Argam Makmur.


    Ada beberapa kegiatan seperti apel bersama di SMAN 1 Arga Makmur dan panen Jagung di Kecamatan Kerkap bersama masyarakatpun diikutinya. Tak berhenti disitu ia juga melakukan pembukaan dan menghadiri Dies Natalis Unras berikut melepas jalan santai bersama.  Kemudian menjelang hari-hari berakhis masa jabatan melantik dua kepala desa dan menghadiri pelantikan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkulu Utara yang merupakan hari terakhirnya menjalankan tugas sebagai Penjabat Bupati.


    ‘’Selama saya menjabat caretaker hanya tiga kali duduk di kursi Bupati. Saya habiskan waktu untuk turun ke lapangan. Karena sesuai tupoksi saja harus menjalankan roda pemerintahan agar tidak terhambat sampai adanya Bupati dan Wakil Bupati definitif,” ungkap suami dari Rahima, S. Pd ini.


    Mantan Calon Wakil Bupati Kabupaten Kaur ini juga mengatakan, selama menjabat dirinya tidak mendapatkan apa-apa. Artinya murni memang bekerja untuk menjalankan roda pemerintahan. Sebab untuk gaji dirinya tidak menerima gaji Bupati atau tunjangan. Melainkan masih gaji dan tunjangan sebagai Kepala Biro pemerintahan Pemprov. Namun dirinya tetap sempat mendapatkan pelayanan fasilitas di rumah dinas Bupati BU. Mulai dari kendaraan dinas jenis Range Rover anti peluru juga digunakannya untuk menjalankan tugasnya selama menjabat Penjabat Bupati.


    ‘’Sejak dilantik saya memang tinggal di Rumdin Bupati BU. Jadi hanya fasilitas seperti BBM selama kegiatan untuk minyak mobil ditanggung pemda berikut makan minum. Begitu juga surat menyurat bisa dihitung hanya 1- 3 lembar yang ditandatangani selama menjabat,” sambung pria yang dikenal ramah ini.


     


    Tinggalkan PPTK Mundur


    Kemudian lanjut Hamka, adanya kejadian Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) di Dinas Pekerjaan Umum BU mundur itu baru diketahuinya setelah setengah hari lagi masa jabatannya berakhir. Namun demikian dirinya tetap meminta agar Kepala Dinas Pekerjaan Umum tetap menjalankan pelayanan dan program yang berkaitan langsung dengan masyarakat.


    ‘’Mundurnya PPTK itu pas menjelang saya akan habis masa jabatan. Jadi karena waktu tidak memungkinkan, maka belum sempat diketahui apa alasan mereka mundur. Apakah mereka takut menjalankan anggaran atau hal lain belum diketahui,’’ ceritanya.


    Untuk itu kata Hamka, dipercaya menjabat Bupati akan dijadikanya sejarah dan salah satu menambah riwayat hidup dan karir. Sebelumnya dirinya memang sudah pernah mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Kaur tahun 2010 silam. Akan tetapi belum beruntung. Untuk itu dirinya sudah menyampaikan langsung ke masyarakat di BU untuk dapat mendukung Bupati dan Wakil Bupati terpilih. Sebab untuk menjadi kepala daerah tidaklah mudah. Terutama menjalankan visi dan misi sesuai apa yang dijanjikannya sewaktu kampanye.


    ‘’Saya walaupun hanya 12 hari di Bengkulu Utara masyarakatnya memang baik. Sehingga ke depan diharapkan dengan Bupati dan Wakil Bupati terpilih sudah menjalankan tugasnya akan semakin maju. Ia juga berterima kasih kepada masyarakat BU yang sudah menyambut dan mendukung selama menjabat sebagai Penjabat Bupati. Sehingga tercipta suasana yang aman dan damai. Tidak ada pelayanan yang terhambat. Termasuk juga dengan pelepasan yang dihadiri ribuan masyarakat sekaligus diberikannya penghargaan pelepasan pamung praja tertinggi di Kabupaten Bengkulu Utara ini. Jika memang nantinya didukung masyarakat maka tidak menutup kemungkinan saya juga ingin kembali ikut bertarung di Pilkada, ‘’ demikian Hamka yang tinggal di Jalan Kapten Tendean Nomor 16 RT 5 RW 2, Kelurahan Jembatan Kecil ini.(*)

    Agenda Terbaru
    Statistik Pengunjung
  • Dikunjungi oleh : 15769 user
  • IP address : 54.198.205.145
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
  • Link Terkait
    Berita Kemahasiswaan

    Hamka Sabri Caretaker Bupati Tersingkat di Indonesia

    2016-04-27 - 12:02:am | Kategori Kemahasiswaan | oleh owner04

    Menurut undang-undang, masa jabatan Bupati adalah lima tahun. Sedangkan caretaker atau Penjabat Sementara B.....Baca Selanjutnya

    Imron Tawarkan Unras Kelola Wisata Enggano

    2016-04-26 - 11:58:pm | Kategori Kemahasiswaan | oleh iimrohim

    ARGA MAKMUR (23-01-2016)– Bupati Bengkulu Utara (BU) Dr. Ir. HM Imron Rosyadi, MM, M.....Baca Selanjutnya

    Berita Kegiatan

    Tangani Penyakit Menular

    2016-04-27 - 12:20:am | Kategori Kegiatan | oleh owner04

    ARGA MAKMUR (06/04/15) – Sebanyak 130 mahasiswa Universitas Ratu Samban dikirim ke B.....Baca Selanjutnya

    Workshop Virtual OS di Linux

    2016-04-24 - 10:13:pm | Kategori Kegiatan | oleh iimrohim

    Linux adalah salah satu sistem operasi open source yang sudah tidak diragukan lagi ketanguhan dan kestabilannya. Sifat pengembangannya y.....Baca Selanjutnya

    Berita Akademik

    Visitasi Akreditasi Prodi Agroteknologi oleh BAN PT Prof. Dr. Ir. Jody Moenandir (Unibraw) & Dr. Ir. Sedyo Hartono, M.P (UGM)

    2016-05-09 - 07:09:pm | Kategori Akademik | oleh iimrohim

    UNRASNEWS.30/4.Tim asesor BAN-PT yang terdiri dari Prof. Dr. Ir. Jody Moenandir (Universitas Brawijaya M.....Baca Selanjutnya

    Imron Dukung Kebijakan Sugeng Pecat Dua WR

    2016-04-27 - 12:15:am | Kategori Akademik | oleh owner04

    ARGA MAKMUR (04/11/15)– Bupati Bengkulu Utara (BU) Dr. Ir. HM Imron Rosyadi, MM, M.S.....Baca Selanjutnya

    Universitas Ratu Samban (UNRAS)
    Jl. Jend. Sudirman No.87 Arga Makmur - Bengkulu Utara
    Telp: 0737-522613. Fax :0737-521120. Email : universitasratusamban@gmail.com
    Propinsi Bengkulu